Cara Install Composer PHP Dependency Manager

Assalamu’alaikum Wr. Wb. PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia. Di Indonesia sendiri developer dan programmer yang menggunakannya pun sangatlah banyak. Bahkan komunitas PHP Indonesia sendiri merupakan salah satu komunitas pemrograman terbesar di negeri ini. Dengan popularitas PHP yang cukup tinggi, tentu tidak mengherankan jika terdapat banyak PHP package yang dapat kita install dan gunakan. Untuk menginstall package PHP sendiri kita dapat menggunakan sebuah tool yang disebut dependency manager, salah satunya yaitu Composer. Karena itulah kali ini saya akan membahas mengenai cara Install Composer PHP dependency manager.

Composer adalah sebuah tool yang berfungsi sebagai dependency management pada PHP. Dengan composer anda dapat mendeklarasikal library yang dibutuhkan oleh project anda dan composer akan mengelola (menginstall/mengupdate) berbagai library yang dibutuhkan oleh project anda.

Cara Install Composer di Linux dan Mac OSX

Secara teknis, untuk menginstall Composer, yang perlu kita lakukan hanyalah mendownload installer composer berupa file PHP dan menjalankannya pada server kita.

Selain itu ada dua cara untuk menginstall composer, yaitu secara lokal sebagai bagian dari project anda, atau secara global sebagai executable pada sistem anda.

Secara Lokal

Apabila anda ingin menginstall Composer secara lokal sebagai bagian dari project anda, cukup letakkan installer composer yang sudah anda download pada folder project anda. Misal saya menempatkan file installer composer pada sebuah folder project bernama “contoh” pada server lokal saya, maka saya hanya perlu menjalankan file installer.php dari composer dengan mengaksesnya menggunakan web browser, misal dengan mengakses melalui link localhost/contoh/installer.php. Kemudian secara otomatis file tersebut akan memeriksa beberapa setting pada PHP yang terpasang pada server anda, dan kemudian mendownload file composer.phar.

File composer.phar merupakan file binary dari Composer yang berupa file PHAR (PHP Archive) yang merupakan format untuk arsip PHP yang dapat dijalankan melalui command line.

Setelah itu anda dapat menjalankan Composer melalui command line dengan masuk pada folder project anda dan menjalankan perintah php composer.phar.

Selain itu anda juga dapat menginstall Composer pada direktori lain dengan menggunakan option --install-dir untuk menentukan lokasi instalasi Composer, dan option --filename untuk menentukan nama filenya. Misal anda menjalankan perintah instalasi composer dengan option dan parameter sebagai berikut :

**php composer<span class="token operator">-</span>setup<span class="token punctuation">.</span>php <span class="token operator">--</span>install<span class="token operator">-</span>dir<span class="token operator">=</span>bin <span class="token operator">--</span>filename<span class="token operator">=</span>composer**`</pre>

maka untuk menjalankannya cukup dengan menjalankan perintah **`php bin/composer`.**

#### Secara Global

Selain dapat diinstall secara lokal sebagai bagian dari project anda, Composer juga dapat diinstall secara global sebagai system wide executable. Saya sendiri juga lebih memilih untuk menginstall Composer secara global karena lebih mudah dan praktis.

Pada dasarnya untuk menginstall Composer secara global, kita cukup mendownload [installer composer,](https://getcomposer.org/installer) dan menjalankannya sama seperti saat install composer secara lokal. Kemudian copy atau pindahkan file `composer.phar` pada lokasi `/usr/local/bin/` dengan perintah :

<pre class=" language-bash">`mv composer<span class="token punctuation">.</span>phar <span class="token operator">/</span>usr<span class="token operator">/</span>local<span class="token operator">/</span>bin<span class="token operator">/</span>composer

Catatan : Jika perintah di atas gagal karena masalah hak akses atau permissions, jalankan perintah di atas dengan menggunakan sudo.

Catatan : Pada beberapa versi Mac OSX direktori atau folder /usr tidaklah tersedia secara default. Sehingga apabila anda mendapatkan pesan error”/usr/local/bin/composer: No such file or directory”, anda perlu mebuat direktori tersebut secara manual menggunakan perintah mkdir -p /usr/local/bin.

Setelah itu, anda dapat menjalankan composer cukup dengan mengetikkan perintah **composer** pada command line atau terminal anda.

Cara Install Composer pada Windows

Cara termudah untuk menginstall Composer pada Windows adalah dengan mendownload installer composer di sini, dan menjalankannya dengan biasa. Secara otomatis installer akan mendownload composer.phar, dan mensetting PATH atau lokasi-nya. Setelah proses instalasi selesai Composer dapat anda jalankan cukup dengan menjalankan perintah composer pada terminal anda.

Catatan : Jika sebelumnya anda membuka command line interface pada Windows, tutup terlebih dahulu, dan buka setelah proses instalasi selesai, baru kemudian lakukan pengujian dengan menjalankan perintah composer.

 

Baiklah, itu dia sekilas mengenai petunjuk cara install Composer PHP dependecy manager pada Linux, Mac OSX, dan Windows. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Bagi anda yang memiliki, tambahan, kritik, atau saran silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Terimakasih dan Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Referensi : https://getcomposer.org/doc/00-intro.md

0%