Cara Redirect Halaman Web Dengan Javascript

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Javacript merupakan sebuah bahasa pemrograman yang kini terus berkembang dan semakin banyak digunakan oleh banyak programmer. Javascript sendiri sering digunakan untuk membuat sebuah website sebagai client side language dan biasa dipadukan dengan framework javascript seperti JQuery. Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang JavaScript, yaitu tentang cara redirect halaman web dengan JavaScript.

Untuk redirect atau mengalihkan halaman web sendiri kita dapat melakukannya dengan banyak cara, seperti menggunakan .htaccess seperti pada tutorial yang pernah saya tulis sebelumnya, menggunakan PHP, atau menggunakna JavaScript sepeti yang akan kita bahas saat ini.

Redirect halaman web dengan JavaScript sendiri kita dapat menggunakan beberapa variasi, seperti contohnya menggunakan tombol atau button yang akan mengeksekusi fungsi redirect, atau redirect secara otomatis setelah halaman dimuat, redirect otomatis setelah beberapa detik.

Semua fungsi redirect tersebut dapat kita kustomisasi sesuai dengan keperluan dan kebutuhan kita masing-masing. Berikut ini adalah contoh penerapan page redirection atau mengalihkan halaman web dengan JavaScript.

Redirect Halaman Web dengan JavaScript

  • Redirect halaman web dengan JavaScript menggunakan tombol Contoh penggunaan sederhana page redirection dengan JavaScript adalah dengan menggunakan tombol yang akan mengeksekusi. Contoh adalah seperti kode HTML dengan JavaScript yang saya cantumkan di bawah ini :
    Maka kode html di atas akan menghasilkan tampilan seperti gambar dibawah ini :

[caption id=”attachment_726” align=”aligncenter” width=”454”] mengalihkan halaman web dengan javascript Redirect menggunakan tombol[/caption]

Bagian paling penting yang perlu kita perhatikan adalah pada bagian fungsi JavaScript yang kita namakan Redirect() pada baris ke 5-7\.Kemudian pada tag html<button>kita beri atribut onclick="Redirect();yang tujuannya adalah menunjukkan event atau fungsi yang akan dieksekusi (dalam hal ini fungsi Redirect())

  • Redirect halaman web dengan JavaScript setelah beberap detik Dalam beberapa kasus seringkali kita membuka sebuah website dan pada website tersebut muncul pesan “Anda akan dialihkan menuju halaman blablabla pada 5 detik” atau “You will be redirected in 5 sec . . .”. Untuk membuat page redirection seperti itu anda bisa mencontoh kode html dengan fungsi JavaScript seperti di bawah :

    Maka kode HTML di atas akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini :

    [caption id=”attachment_727” align=”aligncenter” width=”523”]redirect halaman web dengan javascript Redirect otomatis setelah beberapa detik[/caption]

    Bagian yang berbeda dari contoh kedua ini dari contoh yang pertama ialah adanya tambahan penggunaan fungsi document.write() dan juga setTimeout(). document.write() berfungsi menampilkan pesan pada body HTML, sedangkan setTimeout() ialah fungsi untuk menentukan waktu kapan sebuah fungsi akan dieksekusi.

Itu dia sedikit contoh dan pembahasan mengenai page redirection atau mengalihkan halaman web dengan JavaScript. Apa yang saya bahas di sini hanyalah contoh penerapan paling sederhana, dimana anda masih bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Semoga pembahasan sederhana mengenai page redirection dengan JavaScript kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Apabila anda memiliki pertanyaan, kritik, atau saran, silakan untuk sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Terimakasih dan Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0%