Membuat Launcher Aplikasi Pada Ubuntu

Assalamu’alaikum Wr Wb., Sebelumnya saya telah menulis sebuah artikel mengenai cara menginstall Android Studio pada Ubuntu, pada praktik instalasi Android Studio tersebut kita ketahui bahwa setelah instalasi selesai belum terdapat launcher yang bisa kita gunakan untuk menjalankan Android Studio, sehingga kita perlu menjalankan Android Studio tersebut melalui command line pada terminal emulator. Jika kita ingin menjalankan beberapa aplikasi di Ubuntu yang tidak membuat launcher secara otomatis setelah instalasi selesai, kita perlu membuat launcher secara manual. Untuk itulah kali ini kita akan membahas cara membuat launcher aplikasi pada Ubuntu.

Membuat Launcher Aplikasi pada Ubuntu

Untuk membuat launcher aplikasi pada Ubuntu kita perlu sebuah aplikasi bernama Alacarte. Alacarte merupakan main menu editor yang dapat digunakan untuk menambah, menghapus, atau mengedit daftar aplikasi pada launcher distro Linux, salah satunya ialah Ubuntu.

Untuk menginstall Alacarte silakan jalankan perintah berikut pada terminal anda :

sudo apt-get install alacarte

Setelah itu ikuti langkah di bawah untuk membuat launcher aplikasi (saya membuat launcher Android Studio sebagai contoh.) :

  1. Buka unity dash atau menu, ketikkan “Main Menu” pada kolom pencarian, dan jalankan aplikasi bernama “Main Menu” tersebut.

    [caption id=”attachment_690” align=”aligncenter” width=”652”]Jalankan Aplikasi Main Menu - membuat launcher aplikasi pada ubuntu Jalankan Aplikasi Main Menu[/caption]

     

  2. Selanjutnya setelah window Main Menu terbuka, klik pada tombol “New Item” di bagian kanan.

    [caption id=”attachment_693” align=”aligncenter” width=”679”]Klik New Item - Membuat Launcher Aplikasi pada Ubuntu Klik New Item[/caption]

  3. Kemudian isikan detail pada “Launcher Properties”, masukkan nama aplikasi yang anda ingin buat launchernya, dan juga perintah atau command yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang anda inginkan.
  4. Jika anda ingin mengubah icon-nya, anda dapat klik pada gambar roket di sisi kiri, dan memilih icon untuk launcher aplikasi yang anda inginkan.

    [caption id=”attachment_692” align=”aligncenter” width=”433”]Klik Rocket untuk ganti icon -  Membuat Launcher Aplikasi pada Ubuntu Klik Rocket untuk ganti icon[/caption]

  5. Terakhir, pastikan semua data terutama command atau perintah untuk menjalankan aplikasi benar. Jika sudah, klik OK.

    [caption id=”attachment_691” align=”aligncenter” width=”430”]Klik OK - Membuat Launcher Aplikasi pada Ubuntu Klik OK[/caption]

  6. Sekarang periksa pada menu dan ketikkan nama launcher aplikasi yang baru saja anda buat, jika anda berhasil anda akan menemukannya.

    [caption id=”attachment_694” align=”aligncenter” width=”642”]Cari launcher Anda - Membuat Launcher Aplikasi pada Ubuntu Cari launcher Anda[/caption]

Nah, itu dia cara untuk membuat launcher aplikasi pada Ubuntu. Semoga tutorial kali ini cukup jelas dan dapat anda pahami, serta dapat memberi manfaat bagi kita semua. Apabila anda memiliki pertanyaan, tambahan, kritik, atau saran, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Terimakasih dan Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0%