Mengganti Batasan Ukuran Upload File Pada PHP

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Saat ini perkembangan teknologi telah menghadirkan berbagai teknologi baru yang mutakhir, termasuk dengan munculnya berbagai bahasa pemrograman baru, yang juga meliputi bahasa pemrograman untuk pengembangan website. Sekalipun telah muncul berbagai teknologi dan bahasa pemrograman baru, PHP sebagai bahasa pemrograman website masih eksis dan banyak digunakan oleh developer web. Kali ini saya akan membahas mengenai cara mengganti batasan ukuran upload file pada PHP.

Secara default setelah saat pertama instalasi PHP hanya mengizinkan pengguna untuk mengupload file dengan ukuran tidak lebih dari 2 MB. Selain itu juga ukuran data yang dapat dikirim dengan metode POST dengan ukuran data tidak lebih 8 MB.

Dalam beberapa kasus, beberapa aplikasi tentu saja tidak akan bekerja optimal apabila hanya dapat mengupload file tidak lebih dari 2 MB dan mengirim data tidak lebih 8 MB. Konfigurasi ini sebenarnya dapat diubah apabila diperlukan. Berikut ini adalah cara untuk mengganti batasan ukuran upload file pada PHP.

Mengganti batasan ukuran upload file pada PHP

Untuk mengganti batasan ukuran upload file pada PHP yang perlu kita edit ialah file konfigurasi php.ini . Pada Linux biasanya file ini berada pada direktori “/etc/php/”, sedangkan apabila anda menggunakan XAMPP pada windows, lokasinya berada pada folder php di dalam direktori XAMPP.

  • Langkah pertama yang perlu kita lakukan tentu saja masuk kedalam direktori atau folder tempat file php.ini berada. Yaitu seperti yang saya sebutkan di atas, pada Linux file tersebut berada pada direktori “/etc/php/”, dan pada XAMPP Windows berada pada C:/xampp/php (Drive C:/ dapat anda ganti sesuai dengan drive yang anda gunakan untuk menyimpan data instalasi XAMPP.)
  • Untuk mengedit file php.ini anda dapat menggunakan text editor favorit anda, akan tetapi apabila anda menggunakan Linux, pastikan anda menjalankan text editor anda dalam mode super user atau root karena file php.ini ini sendiri berada pada direktori root.
  • Setelah anda membuka file php.ini pada text editor anda silakan gunakan fasilitas search (Ctrl+F), dan masukkan “upload_max_filesize=2M” pada kolom pencarian.upload_max_filesize sebelum diubah - mengganti batasan ukuran upload file pada php
  • Pada line “upload_max_filesize=2M” tersebut menunjukkan bahwa ukuran maksimal dari file yang dapat kita upload adalah sebesar 2MB, jika ingin menggantinya kita hanya perlu mengganti nilai 2 dengan nilai yang kita inginkan. Misalkan jika kita inginkan PHP untuk dapat mengupload file hingga 1GB, maka kita ubah line tersebut menjadi “upload_max_filesize=1000M”upload_max_filesize setelah diubah - mengganti batasan ukuran upload file pada php

Mengganti Batasan Ukuran Data yang Dapat Dikirimkan dengan PHP

Setelah mengganti ukuran batas maksimal ukuran file yang dapat kita upload, kita juga akan mengganti batas ukuran data yang dapat dikirimkan dengan metode POST. Hal ini juga diperlukan, karena berdasarkan pengalaman saya, sekalipun batasan ukuran file yang dapat diupload sudah kita ubah tapi masih melebihi batas maksimal ukuran file yang dapat kita kirim dengan metode post ini juga, maka proses upload file dapat menjadi gagal.

  • Untuk menggati batasan ukuran data yang dapat dikirimkan dengan PHP file yang perlu kita edit masihlah file yang sama, yaitu php.ini. Jika anda sudah membuka file PHP ini dengan teks editor anda, silakan gunakan fitur search (Ctrl+F) kembali, dan masukkan “post_max_size=8M” pada kolom search text editor anda.

    post_max_filesize sebelum diubah - mengganti batasan ukuran upload file pada php

  • Nilai angka 8M, menujukkan bahwa maksimal data yang bisa kita kirim dengan metode post adalah sebesar 8MB, kita dapat menggantinya dengan nilai yang kita inginkan sama seperti “upload_max_size”, sedangkan untuk menghilangkan sama sekali atau men-disable batasan tersebut, anda dapat mengganti nilai 8M menjadi 0, sehingga line tersebut menjadi “post_max_size=0”

    post_max_filesize setelah diubah - mengganti batasan ukuran upload file pada php

  • Apabila sudah, silakan save file php.ini yang sudah anda edit, lalu lakukan pengujian dengan mengupload data berukuran besar pada aplikasi web yang berjalan di web server anda.
  • Selamat Mencoba dan semoga berhasil!

Baiklah itu dia cara untuk mengganti batasan ukuran upload file pada PHP dan mengganti atau menghilangkan batasan ukuran data yang dapat dikirimkan dengan metode POST pada PHP. Apabila anda memiliki pertanyaan, kritik, atau saran silakan sampaikan melalui kolom komentar dibawah.

Semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

0%