Mengganti Document Root Apache Di Debian

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Web server Apache merupakan salah satu web server paling populer yang paling di gunakan saat ini. Web Server Apache memiliki berbagai fitur dan kelebihan yang bisa kita manfaatkan. Kali ini saya akan membahas mengenai cara untuk mengganti document root Apache di Debian. Document Root adalah sebuah direktori atau folder tempat semua data aplikasi web atau website disimpan pada sebuah web server. Tutorial ini selain dapat diterapkan pada debian juga dapat diterapkan pada distro Linux lain berbasis Debian seperti Ubuntu.

Secara default lokasi document root pada web server Apache biasanya berada pada direktori atau folder “/var/www", akan tetapi apabila kita inginkan kita dapat mengganti lokasi document root Apache pada direktori atau folder yang lain. Untuk mengetahui caranya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengganti document root Apache di Debian dan turunannya.

Mengganti Document Root Apache di Debian

  1. Pastikan anda memiliki web server Apache terinstall pada sistem operasi Debian atau turunanya (contoh : Ubuntu) yang anda miliki. Apabila belum, anda dapat mengikuti tutorial berikut yang dapat anda terapkan pada sistem operasi Linux Debian beserta turunannya.
  2. Login sebagai user root atau administrator pada sistem operasi Debian milik anda.
  3. Masuk ke direktori “/etc/Apache2/sites-available/" dengan perintah cd /etc/Apache2/sites-available/, direktori ini merupakan lokasi site atau virtual host yang dijalankan pada web server Apache, kita bisa memilih site mana yang akan kita ganti lokasi document root-nya.
  4. Periksa file konfigurasi site yang akan kita ganti pada direktori “/etc/Apache2/sites-available/" menggunakan perintah ls, pada web server saya terdapat file “default“ yang merupakan site bawaan atau default dari Apache, beberapa dari anda mungkin memilikinya dengan nama file “000-default“, silakan menyesuaikan jika terdapat perbedaan.

    [caption id=”attachment_477” align=”aligncenter” width=”639”]Isi Direktori Sites Avaiable - mengganti document root apache di debian Isi Direktori Sites Avaiable[/caption]

  5. Edit file konfigurasi site yang akan kita ganti lokasi document root-nya. Di sini saya akan mengganti lokasi document root dari site “default", jadi file default tersebut saya edit dengan menggunakan text editor nano dengan perintah nano default, apabila anda ingin menggunakan text editor lain silakan menyesuaikan perintahnya.
  6. Ganti tulisan “/var/www” setelah “Document Root” dan “Directory” dengan lokasi document root baru yang kita inginkan. Misalkan di sini saya ingin mengganti lokasi document root dari “/var/www“ menjadi “/var/www-data . Misalkan anda ingin lokasinya ke direktori “/usr/share/www“, tinggal mengganti tulisan “/var/www“ setelah tulisan “Document Root” dan “Directory” dengan “/usr/share/www“. Berikut contoh perbandingan file konfigurasi site default sebelum dan sesudah diganti lokasi document root-nya. Anda dapat mengabaikan bagian Server Admin, ServerName, dan ServerAlias pada gambar.

    [caption id=”attachment_480” align=”aligncenter” width=”629”]File Site Default Sebelum di Edit - mengganti document root apache di debian File Site Default Sebelum di Edit[/caption]

    [caption id=”attachment_478” align=”aligncenter” width=”633”]File Site Default Sesudah di Edit - mengganti document root apache di debian File Site Default Sesudah di Edit[/caption]

  7. Simpan file site default yang telah kita edit, apabila menggunakan nano tekan tombol Ctrl+O, Enter untuk menyimpan file, lalu tekan Ctrl+X untuk keluar dari text editor nano.
  8. Restart Web Server Apache dengan perintah service Apache2 restart. Selesai, lakukan pengujian dengan memasukkan file web site atau aplikasi web anda ke document root yang baru. Selamat mencoba!

Baiklah, itu dia tutorial mengenai cara mengganti document root Apache di Debian. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila anda memiliki pertanyaan, kritik, atau saran, silakan sampaikan pada kolom komentar di bawah.

Terimakasih dan Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

0%