PHP OOP Untuk Pemula Bag. 1 : Memahami Konsep OOP

Tutorial PHP OOP Untuk Pemula

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

tutorial php oop untuk pemula

Kali ini saya akan berbagi mengenai Pemrograman PHP OOP untuk pemula. Sebelum kita mencoba untuk mencoba coding menggunakan PHP OOP, lebih baik bagi kita untuk memahami apa dan bagaimana konsep Pemrograman OOP. Oleh karena itu ada bagian satu ini akan dibahas mengenai apakah yang dimaksud dengan Pemrograman PHP dengan konsep OOP itu.

Bagi kebanyakan Programer PHP pemula, pemrograman dengan konsep object-oriented programming (OOP) masihlah cukup membingungkan, seringkali kita disulitkan dengan berbagai syntax yang rumit dan berbagai kendala. Konsep pemrograman object-oriented programming (OOP) pada dasarnya merupakan gaya coding yang mengelompokkan beberapa fungsi atau tugas yang berhubungan atau serupa ke dalam sebuah class supaya terbentuk code yang lebih efektif dan terstruktur.

Dengan menggunakan konsep pemrograman OOP dapat membuat kita lebih mudah dalam mengikuti prinsip _Don’t Repeat Yourself (DRY) sehingga akan leih mudah untuk dilakukan proses mantenance pada code kita. _Keuntungan utama apabila kita mengikuti prinsip DRY adalah apabila diperlukan suatu peruubahan terhadap code kita, maka kita hanya perlu mengubah satu perubahan untuk memperbarui code kita. Sehingga kita tidak perlu terlalu banyak melakukan perubahan seperti ketika banyak fungsi yang sama ditulis berulang-ulang di code kita.

Apa yang membuat permrograman PHP dengan konsep OOP menjadi cukup sulit dipelajari oleh pemula adalah karena konsep ini memperkenalkan tipe syntax yang baru, yang sekilas terlihat lebih rumit dibandingkan dengan pemrograman prosedural. Akan tetapi sesungguhnya pemrograman PHP dengan konsep OOP tidaklah sesulit dan serumit yang dibayangkan.

Memahami Object dan Class

Sebelum melangkah lebih jauh dalam mempelajari pemrograman PHP dengan konsep OOP, kita perlu memahami terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan Object dan Class pada pemrograman OOP.

  • CLASS

Sebuah class merupakan sebuah representasi dari tipe suatu object. Sebuah class merupak denah, perencanaan, atau template yang mendeskripsikan detail dari suatu objek. Class merupakan suatu denah dimana suatu object dibuat.

Class merupakan kumpulan definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit yang memiliki tujuan tertentu yang serupa atau berhubungan.

Misalnya kita membuat class makanan, di dalam class makanan tersebut bisa terdapad object berupa sate, ayam panggang, dan juga nasi goreng. Object dalam class ini bisa kita anggap sebagai variable atau data yg kita deklarasikan dalam suatu class.

Screenshot from 2015-10-23 19:06:45

  • OBJECT

Object merupakan segala sesuatu yang dapat dibedakan satu sama lain. Dalam permrograman PHP dengan konsep OOP suatu object umumnya bersifat logis.

Suatu object dapat melakukan rangkaian aktivitas tertentu. Rangkaian aktivitas tersebut didefinisikan sebagai object’s behavior, atau juga biasa disebut sebagai _method _atau _function__. _Behavior/method/function pada suatu object misalnya adalah sebuah tangan (object), dapat mengambil benda, menaruh benda, mengepal, memukul, dll. ( sebagai behavior/method/function). Contoh lain misalnya seporsi nasi goreng (object), dapat dimasak, dihangatkan, dimakan, dibungkus, dll. (sebagai behavior/method/function).

Selain b_ehavior/method/function, _suatu object juga memiliki atribut/data/property. Atribut/data/property merupakan data yang membedakan suatu object dengan object lainnya. Dalam suatu class, sebuah atribut biasanya berupa sebuah variable. Contoh dari atribut misalnya seorang manusia (sebagai object), memiliki _nama, umur, warna kulit, pakaian, rambut, sifat, dll. (sebagai atribut/data/property). Dan contoh lainnya misal seporsi nasi goreng (sebagai object), memiliki tekstur, rasa, warna, aroma, dll (sebagai atribut/data/property)_.

Oke, untuk saat ini saya rasa cukup sampai disini dahulu Tutorial _PHP OOP untuk Pemula Bag. 1 : Memahami Konsep OOP. _Artikel ini akan saya teruskan ke bagian ke 2 nantinya, yang InsyaAllah akan diterbitkan segera. Terimakasih atas kunjungan anda ke website ini. Semoga ilmu ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Artikel ini berlanjut ke Tutorial PHP OOP untuk Pemula Bag.2 : Sintaks Dasar PHP OOP

Referensi :

0%