Daftar Situs Untuk Belajar Pemrograman

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Pada masa kini perkembangan teknologi semakin berkembang dengan begitu pesat. Begitu banyak inovasi-inovasi yang diciptakan oleh banyak orang yang berkecimpung di dunia teknologi. Dunia teknologi informasi pun juga terus berkembang dan semakin banyak peminatnya. Banyak orang yang ingin mendalami bidang ini, baik pada bidang jaringan ataupun bidang pemrograman. Kali ini saya akan berbagi mengenai daftar situs untuk belajar pemrograman yang saya rekomendasikan untuk anda.

Dari sekian banyak orang yang ingin mendalami atau sekadar belajar dunia pemrograman banyak di antara mereka yang merasa sedikit kesulitan untuk mempelajarinya. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini, seperti keterbatasan biaya, waktu, atau bahkan materi yang diberikan melalui lembaga pendidikan yang dirasakan masih kurang memadai. Jika anda adalah salah satu dari orang-orang yang ingin mendalami pemrograman akan tetapi merasakan beberapa kendala dan kesulitan, maka daftar situs untuk belajar pemrograman di bawah ini mungkin dapat membantu anda.

Daftar Situs untuk Belajar Pemrograman

Situs untuk belajar pemrograman berbahasa Indonesia

  • Codepolitan

    [caption id=”attachment_742” align=”aligncenter” width=”840”]codepolitan - situs untuk belajar pemrograman codepolitan.com[/caption]

    CodePolitan adalah media edukasi online yang ditujukan untuk programmer Indonesia sebagai tempat belajar dan sumber informasi dunia pemrograman dan teknologi.Konten-konten yang ada di CodePolitan antara lain berisi berita, review komunitas, review & wawancara tokoh, review tools, review event, catatan rilis framework, tips & trik, serta komik dan meme seputar pemrograman.

    Selain itu Codepolitan juga merilis majalah bertema pemrograman yang dulu dinamai NyankodMagz dan sekarang menjadi Codertalk, dan juga rilis terakhir bernama Codepolitan Magazine.

  • SekolahKoding

    [caption id=”attachment_736” align=”aligncenter” width=”840”]sekolahkoding - situs untuk belajar pemrograman sekolahkoding.com[/caption]

    SekolahKoding merupakan situs yang menyediakan video tutorial web development dan programming dalam bahasa Indonesia. Latar belakang dibuatnya SekolahKoding sendiri adalah karena masih minimnya tutorial web development dan programming dalam bahasa Indonesia baik secara kuantitas maupun kualitas.
    Tutorial di SekolahKoding dapat di akses secara gratis, selain itu anda dapat mengupgrade akun anda menjadi akun premium untuk mendapatkan akses download source code dan juga tutorial tingkat lanjut yang cukup sulit hanya dengan Rp 50.000,00/bulan atau Rp 150.000,00/6 bulan. Selain itu juga ada program beasiswa untuk mereka yang belum memiliki penghasilan akan tetapi serius ingin belajar pemrograman.

  • CodeSaya[

    ](https://codesaya.com)

    [caption id=”attachment_743” align=”aligncenter” width=”840”]codesaya - situs untuk belajar pemrograman codesaya.com[/caption]

    CodeSaya adalah sebuah wadah bagi para insan yang mendambakan untuk menjadi mahir dan lihai dalam Python, PHP, JavaScript, dan lain-lain. Sistem pembelajaran pada CodeSaya sendiri bersifat interaktif dimana setelah mempelajari suatu topik, anda akan menghadapi sebuah soal coding yang jawabannya langsung diperiksa oleh software.Selain itu pada CodeSaya juga terdapat forum diskusi dan juga artikel yang ditulis oleh beberapa member CodeSaya yang dapat meningkatkan pengetahuan kita mengenai pemrograman.

  • [KelasKita**

    **](https://kelaskita.com/)

    [caption id=”attachment_740” align=”aligncenter” width=”840”]kelaskita - situs untuk belajar pemrograman kelaskita.com[/caption]

    Kelaskita adalah media online untuk memudahkan Anda membuat dan mengikuti kelas belajar secara online bersama peserta didik, teman, tim atau komunitas Anda.Kelaskita bertujuan untuk berkontribusi mencerdaskan Indonesia dengan membuat media belajar online yang mudah, murah, menyenangkan dan bisa diakses dari mana dan oleh siapa saja di seluruh dunia.Konten pada KelasKita sendiri memang tidak berfokus pada pemrograman, melainkan pada ilmu pengetahuan secara umum. Akan tetapi saya rasa kelas pemrograman pada Kelas kita dapat menjadi referensi yang cukup bagus apabila kita ingin belajar pemrograman.

situs untuk belajar pemrograman berbahasa Inggris

Bagi anda yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik, ada baiknya juga untuk mencoba beberapa situs untuk belajar pemrograman berbasa Inggris di bawah ini.

  • [Codecademy**

    **](https://codecademy.com)

    [caption id=”attachment_741” align=”aligncenter” width=”840”]codecademy - situs untuk belajar pemrograman codecademy.com[/caption]

    Codecademy adalah sebuah situs pembelajaran pemrograman bersifat Interaktif sama seperti CodeSaya dimana setelah anda selesai mempelajari sebuah topik, anda akan dihadapkan pada soal coding dan diminta untuk menyelesaikannya dan akan dikoreksi secara otomatis oleh software Codecademy.Materi pembelajaran di Codecademy sangatlah banyak dan lebih kompleks, meliputi HTML&CSS, JavaScript, PHP, Ruby, dan masih banyak lainnya. Selain itu juga terdapat forum untuk tanya jawab seputar soal coding yang ada pada Codecademy. Konten di codecademy bersifat gratis, dan sebagian ada yang bersifat premium atau berbayar.

  • [**W3schools

    **](https://w3schools.com)

    [caption id=”attachment_737” align=”aligncenter” width=”840”]w3schools - situs untuk belajar pemrograman w3schools.com[/caption]

    W3schools adalah sebuah situs web developer berisi tutorial dan referensi mengenai bahasa pemrograman untuk web development seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, dan JQuery, yang meliputi sebagian besar aspek mengenai pemrograman web.Tutorial dan referensi pada W3schools tersedia mulai dari tingkat paling dasar sampai tingkatan lanjut. Cocok bagi anda yang ingin belajar dan berfokus pada bidang web development.

  • Tutorialspoint

    [caption id=”attachment_735” align=”aligncenter” width=”840”]tutorialspoint - situs untuk belajar pemrograman Tutorialspoint.com[/caption]

    Tutorialspoint merupakan situs yang di dedikasikan untuk meningkatkan kualitas konten pendidikan online. Materi pada Tutorialspoint sendiri meliputi Computer Science, Information Technology, bahasa pemrograman, dan beberapa materi engineering dan juga materi manajemen. Di Tutorialspoint anda dapat mencoba memodifikasi contoh kode dalam setiap tutorial dan mengeksekusinya untuk melihat hasil keluarannya.

  • [Tuts+

    ](http://tutsplus.com)

    [caption id=”attachment_738” align=”aligncenter” width=”840”]tutsplus - situs untuk belajar pemrograman tutsplus.com[/caption]

    Tuts+ merupakan penyedia materi kursus dan ‘How to tutorial’. Konten pda Tuts+ berupa video ataupun materi tertulis. Dengan konten tersebut anda dapat mempelajari skill kreatif dan teknikal. Ada banyak sekali materi kursus yang tersedia di situs Tuts+.Contoh materi yang terdapat pada situs Tuts+ antara lain meliputi web design, web development, mobile development, photography, game development, dan lain sebagainya. Beberapa konten bersifat gratis, dan beberapa lainnya bersifat premium atau berbayar.

  • [Codeschool

    ](https://www.codeschool.com)

    [caption id=”attachment_739” align=”aligncenter” width=”840”]codeschool - situs untuk belajar pemrograman codeschool.com[/caption]

    Codeschool adalah media pembelajaran online yang menyediakan konten yang tidak hanya mendidik tapi juga menyenangkan untuk diikuti. Setiap materi kursus dikemas dalam tema dan jalan cerita yang kreatif sehingga ketika anda belajar seolah anda sedang bermain game. Codeschool mengombinasikan game mechanic dengan instruksi dari video dan in-browser coding challenges untuk menciptakan suasana belajar coding yang menyenangkan dan berkesan. Dengan lebih dari 50 materi kursus meliputi Ruby, JavaScript, HTML/CSS, iOS, Git, dan database.

  • [Sitepoint

    ](https://www.sitepoint.com/)

    [caption id=”attachment_734” align=”aligncenter” width=”840”]sitepoint - situs untuk belajar pemrograman Sitepoint.com[/caption]

    Sitepoint merupakan tempat berkumpulnya para web developer untuk saling berbagi mengenai passion mereka untuk membangun sebuah “Internet Things” yang luar biasa.Pada sitepoint anda dapat menemukan berbagai materi kursus, screencast, tutorial, tips & trik, dan ebook mengenai pemrograman, terutama web development. Konten pada sitepoint sendiri memiliki beragam materi meliputi HTML/CSS, Ruby, PHP, Mobile, Design UI/UX, Wordpress, dan lain sebagainya.Selain itu pada situs Sitepoint juga terdapat forum untuk tanya jawab seputar web development.

Nah itu dia sekilas mengenai beberapa situs atau website yang dapat anda gunakan untuk belajar pemrograman. Menurut saya sendiri situs-situs di atas memiliki kualitas konten yang patut untuk anda coba apabila anda ingin belajar mengenai pemrograman.

Sesungguhnya, di luar sana masih terdapat begitu banyak situs yang dapat kita gunakan untuk mulai belajar pemrograman. Namun, karena keterbatasan pengetahuan mengenai situs untuk belajar pemrograman dan waktu yang saya miliki, untuk sementara hanya ke sepuluh situs itulah yang dapat saya tuliskan. Mungkin seiring berjalannya waktu artikel ini akan terus saya update.

Sekian artikel mengenai situs untuk belajar pemrograman. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama yang ingin serius belajar pemrograman. Apabila anda memiliki pertanyaan, tambahan, kritik, atau saran, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Terimakasih dan Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0%