Tutorial Install Android Studio Pada Ubuntu

Assalamu’alaikum Wr. Wb., Android merupakan sistem operasi mobile dengan pangsa pasar terbesar saat ini. Begitu banyak orang menggunakan smartphone, tablet PC, atau perangkat lain yang ditenagai oleh sistem operasi Android. Hal ini membuat banyak orang ingin belajar tentang bagaimana cara membuat aplikasi Android, mengingat potensi pasar yang terus berkembang. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk membuat aplikasi Android, salah satunya ialah dengan menggunakan Android Studio. Kali ini kita akan membahas cara install Android Studio pada Ubuntu Linux.

Android Studio merupakan sebuah software Integrated Development Environment (IDE) untuk mengembangkan aplikasi untuk sistem operasi Android. Android Studi sendiri memiliki fitur code editing, debugging, performance tooling, flexible build system, dan sebuah instant build/deploy system yang memungkinkan anda untuk lebih fokus mengembangkan aplikasi yang unik dan berkualitas tinggi.

Tutorial Install Android Studio pada Ubuntu Linux

Android Studio merupakan sebuah software IDE yang berjalan pada Oracle Java 1.8 atau lebih tinggi. Jadi pastikan sebelum menginstall Android Studio anda telah memiliki Oracle Java terinstall pada sistem anda. Jika belum, anda dapat mengikuti tutorial berikut untuk menginstall Oracle Java pada Ubuntu.

Oke, jika anda sudah memiliki Oracle Java pada sistem Ubuntu anda mari kita memulai untuk menginstall Android Studio. Ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Download Android Studio untuk Linux di sini.
  2. Ekstrak file .zip yang telah anda download pada lokasi yang cocok yang anda inginkan, misalnya di /usr/local/ , untuk user profile anda, atau /opt/ untuk beberapa user. Atau anda bisa juga menempatkannya pada folder home anda.
  3. Selanjutnya, buka terminal Ubuntu anda, dan arahkan ke lokasi direktori android-studio/bin/, dan jalankan file studio.shdi dalamnya.
    Contoh: saya sendiri menempatkan file hasil ekstrak .zip android studio pada direktori /opt/maka saya akan menjalankan perintahcd /opt/android-studio/bin/ untuk masuk ke lokasi file android studio berada, dan ./studio.sh untuk menjalankan file studio.sh.
  4. Kemudian, pilih dan tentukan apakah anda ingin mengimport setting Android Studio yang sebelumnya atau tidak, jika anda baru pertama kali menginstall Android Studio, pilih tidak, laluk klik OK.
  5. Setelah itu akan muncul Android Studio Setup Wizard, ikuti setiap instruksinya. Yang pertama pilih tipe instalasi yang kita inginkan, Stadard atau Custom. Jika sudah silakan klik ‘Next’.Install Android Studio pada Ubuntu
  6. Selanjutnya akan muncul tampilan yang meminta anda untuk memastikan atau memverifikasi konfigurasi yang anda inginkan. Jika semuanya OK, silakan klik ‘Next’.Install Android Studio pada Ubuntu
  7. Selanjutnya, Android Studio Setup Wizard akan mendownload segala file yang dibutuhkan Android Studio untuk berjalan. Silakan bersabar menunggu hingga proses download selesai.Install Android Studio pada Ubuntu
  8. Setelah proses download selesai, silakan klik finish. Untuk menjalankan Android Studio anda cukup melakukan langkah ketiga dari tutorial ini.Install Android Studio pada Ubuntu

Nah, itu dia cara install Android Studio pada Ubuntu Linux. Pada tutorial ini setelah proses intallasi berhasil, kita perlu membuka terminal dan mengetikkan beberapa perintah untuk menjalankan Android Studio. Namun, saya akan segera mengupdate pada artikel selanjutnya tentang cara membuat launcher aplikasi pada Ubuntu yang juga bisa kita terapkan pada Android Studio.

Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila anda memiliki tambahan, pertanyaan, kritik, atau saran, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Terimakasih dan Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber Referensi:
http://developer.android.com/sdk/installing/index.html

 

0%