Fitur Baru Ubuntu 16.04 LTS Xenial Xerus

Fitur Baru Ubuntu 16.04 LTS Xenial Xerus

posted in: Linux | 0

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bulan April 2016 ini, tepatnya pada tanggal 21 April 2016, versi terbaru dari Ubuntu yaitu Ubuntu 16.04 LTS Xenial Xerus. Bagi anda fans Ubuntu tentunya sudah tidak sabar menunggu rilisnya versi baru Ubuntu ini, terlebih rilisan kali ini merupakan rilis LTS (Long Term Support). Bagi anda yang penasaran dengan perubahan dan fitur baru apa saja yang hadir di Ubuntu 16.04 LTS Xenial Xerus, pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai fitur baru Ubuntu 16.04 yang akan siap anda nikmati.

Apa saja fitur baru Ubuntu 16.04 LTS Xenial Xerus?

  • Ubuntu Software diganti dengan Gnome Software
    Gnome Software - Fitur Baru Ubuntu 16.04
    Gnome Software

    Pada versi 16.04 ini aplikasi Ubuntu Software Center tidak aka lagi digunakan.. Keputusan ini sudah di ambil sejak beberapa waktu yang lalu. Hal ini karen performa Ubuntu Software Center yang tidak terlalu baik, dimana Ubuntu Software Center merupakan software yang berat, dan juga lambat.Bisa di ibaratkan jika Ubuntu secara keseluruhan adalah sebuah ruangan, Ubuntu Software Center adalah gajah di dalam ruangan itu. Buruknya performa Ubuntu Software Center membuat developer Ubuntu tak mau lagi menggunakannya hingga versi 16.04. Ubuntu 16.04 akan menggunakan Gnome Software sebagai gantinya. Gnome Software yang menjadi fitur baru Ubuntu 16.04 ini akan dinamai sebagai “Software” saja dalam Ubuntu 16.04 ini.

  • Pencarian Onlline dimatikan secara default
    Unity Dash tanpa pencarian online - Fitur Baru Ubuntu 16.04 Xenial Xerus
    Unity Dash tanpa pencarian online

    Pada beberapa tahun terakhir, Cannonical (Perusahaan Pemilik Ubuntu) telah mengambil keputusan untuk fitur Online Search atau pecarian online yang kontroversial pada Unity Dash.Fitur ini merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk mencari program, file, document, gambar, dan berbagai hal dari Unity Dash. Akan tetapi sampai sekarang, pada setiap pencarian, bahkan pencarian pada local desktop justru disertai dengan penawaran produk dari Amazon yang justru seringkali mengganggu. Selain itu data pencarian juga akan terekam.

    Hal ini menimbulkan masalah privasi selama beberapa tahun dan Linux-ers mencap ini sebagai sebuah spyware dari Ubuntu. Masalah privasi inilah yang memaksa Ubuntu untuk menyediakan cara mudah untuk menonaktifkan online search suggestion atau fitur pencarian online pada Unity Dash ini.

  • Unity Launcher dapat dipindah ke bawah

    Unity Launcher dapat dipindah ke bawah - Fitur Baru Ubuntu 16.04 Xenial Xerus
    Unity Launcher dapat dipindah ke bawah


    Linux dikenal dengan kemudahannya untuk di kustomisasi. Anda dapat melakukan beberapan kustomisasi pada Ubuntu, mengganti tampilan, tema, icon, dan berbagai kustomisasi lainnya. Satu hal yang tak pernah berubah dari Ubuntu adalah posisi dari Unity Launcher yang selalu berada pada sisi kiri layar. Hal terbaik yang bisa anda lakukan pada Unity Launcher adalah menyembunyikannya, tidak lebih dari itu.Kabar baiknya mulai dari vers Ubuntu 16.04 ini, anda akan dapat memindahka posisi Unity Launcher ke bagian bawah layar. Walaupun anda belum bisa memindahkannya ke sisi kanan ataau atas layar, ini merupakan sebuah perubahan yang positif.

  • Unity Baru versi 7.4, tapi masih belum Unity 8
    Bagi anda yang mengharapkan kehadiran Unity 8 pada Ubuntu 16.04 mungkin akan kecewa, mengingat versi baru Unity yang digunakan pada Ubuntu 16.04 adalah Unity 7.4. Hal ini dapat dimaklumi mengingat Ubuntu 16.04 adalah rilis LTS, dimana menggunakan ddesktop environment baruakan cukup berisiko mengingat mungkin saja ada beberapa bug di dalamnya.Tapi tetap saja, anda tidak perlu berkecil hati. Karena Unity 7.4 juga membawa beberapa perubahan yang cukup baik:

    • Anda dapat mencari tombol, shutdown, restart, logout, dll pada Unity Dash
    • Memindahkan Unity launcher ke bagian bawah layar.
    • Online searches atau pencarian online di matikan secara default
    • Pilihan format removable devices pada quicklist di Unity Launcher
    • Scroll bar baru pada Unity Dash
    • Indikasi seberapa banyak external storage / trash window yang terbuka.
    • Terdapat quick list untuk Workspace switcher
    • External storage pada launcher dapat dibuka dengan menggunakan tombol Alt+{num}
    • Pada Settings-> Appearance, anda dapat mengatur Menus untuk selalu terlihat atau hanya terlihat ketika mouse berada di atasnya (hover.)
  • APT lebih diutamakan dibanding APT-GET
    Tampilan apt dengan progress bar - Fitur Baru Ubuntu 16.04 LTS Xenial Xerus
    Tampilan apt dengan progress bar

    Anda yang sudah lama menggunakan Ubuntu atau distro berbasis Debian lain mengkin sudah terbiasa menjalankan perintah apt-get. Anda masih dapat melakukannya pada rilis Ubuntu 16.04 ini.Akan tetapi, penggunaan apt dibanding dengan apt-get akan lebih direkomendasikan pada Ubuntu 16.04. Jadi, pada terminal, pada beberapa kasus Ubuntu akan menampilkan pesan sepert ‘use apt autoremove to remove unused packages’, dibanding dengan ‘use apt-get autoremove to remove unused packages’.Tidak ada perbedaan signifikan antara apt-get dan apt. Akan tetapi, sesungguhnya apt bukanlah sesuatu yang baru. Apt sudah digunakan di Debian sejak beberapa tahun yang lalu. Dan sintaks nya persis seperti apt-get.Sebagai contoh ada dapat menggunakan perintah  ‘apt install’ daripada ‘apt-get install’, ‘apt search’ daripada ‘apt-cache search’ dll.Salah satu fitur dari apt adalah adanya tampilah progress bar pada terminal untuk menampilkan status dari proses instalasi.

  • Dukungan Filesystem ZFS
    Fitur baru Ubuntu 16.04 yang lain adalah pada penggunaan filesystem ZFS, Ubuntu 16.04 hadir dengan dukungan default untuk filesystem ZFS. ZFS adalah sebuah filesystem populer untuk penyimpanan data. ZFS didesign untuk mengecheck secara berkelanjutan pada penyimpana datanya untuk memastikan data tidak corrupt.
  • Snap Packaging untuk install aplikasi yang lebih baru di Rilis LTS
    Pada rilis Ubuntu 16.04 ini, ada fitur baru yang disebut sebagai Snap Packaging. Fitur baru Ubuntu 16.04 ini merupakan sebuah fitur yang menjanjikan stabilitas dan keamana yang lebih baik untuk pengelolaan sistem dan aplikasi.Sebelumnya fitur ini telah digunakan pada Snappy Ubuntu Core, yang cukup berhasil digunakan  dalam aplikasi Internet of Things (IoT) dan juga Ubuntu Phone, hingga akhirnya kini Snappy Packaging mula dimasukkan kedalam Ubuntu Desktop.Ubuntu telah menyediakan sebuah alat atau tool bernama Snapcraft untuk developer mengembangkan Snap Package untuk aplikasi mereka. Snap package lebih aman dan terpercaya karena menyediakan sebuah isolasi yang mencakup binari dan juga dependesi yang mungkin dimiliki sebuah program.Isolasi tersebut membantu dalam menginstall aplikasi yang lebih baru dalam rilis LTS. Sehingga aplikasi-aplikasi yang tidak tersedia dalam repository Ubuntu karena pihak Ubuntu tidak ingin  memberi dukungan terhadap aplikasi dengan versi lebih baru dapat diinstall dengan lebih mudah menggunakan Snap Packages.Sehingga pengguna dapat tidak perlu menambahkan PPA untuk setiap dependensi yang berbeda. Selain itu juga Snap packaging dan deb dapat digunakan secara bersamaan tanpa permasalahan yang berarti.
  • Tidak ada support untuk Driver Propietary AMD/ATI Radeon
    Ini mungkin sebuah kabar buruk bagi pengguna grapic card AMD/ATI Radeon, terutama gamer Linux.. Hal ini dikarenakan Ubuntu 16.04 sudah tidak lagi memberi dukungan terhadap driver propietary AMD/ATI Radeon yang dikenal sebagai fglrx. Driver tersebut akan diganti dengan versi driver open source AMDGPU yang sedang dikembangkan oleh pihak AMD.Permasalahannya adalah driver tersebut masih dalam proses pengembangan dan belum benar-benar siap untuk digunakan. Selain itu driver tersebut juga tidak kompatibel dengan versi Graphic card Radeon yang lama.Jadi untuk sementara, ada baiknya pagi pengguna AMD/ATI Radeon untuk menghindari Ubuntu 16.04 terlebih dahulu.
  • Upgrade software terbaru
    Selain berbagai fitur baru Ubuntu 16.04, juga ada berbagai software bawaan yang di upgrade ke versi yang lebih baru, diantaranya adalah :

    • Mozilla Thunderbird 45.0
    • LibreOffice 5.1
    • Python 3.5
    • QML-based USB Startup Creator
    • Docker 1.10
    • Linux Kernel 4.4

    Selain software baru di atas, aplikasi disc burning Brasero dan juga Emphaty tidak lagi disertakan dalam instalation image Ubuntu 16.04 ini.

Itu dia beberapa fitur baru Ubuntu 16.04 yang akan segera hadir dan bisa kita nikmati. Saya sendiri merasa begitu tertarik dengan berbagai fitur baru yang ada dan tidak sabar untuk mencobanya. Bagaimana dengan anda?

Saya rasa cukup sekian pembahasan kita tentang fitur baru Ubuntu 16.04, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Bagi anda yang memiliki pertanyaan, kritik, atau saran, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Terimakasih dan Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber Referensi : http://itsfoss.com/features-ubuntu-1604/

Comments

comments

Follow tamatamvan:

Latest posts from